Powered By Blogger

Assalamu'alaikum....

Ridho Alloh selalu bersamamu... Yakinkan hari ini lebih baik dari hari kemarin... Dan usahakanlah untuk yang terbaik untuk hari esok.... Kasih sayang-Nya yang kau cari...

Cari Blog Ini

Senin, 15 Maret 2010

Skema Jenis Kelamin

Teori Skema Jenis Kelamin, Pendekatan Terbaru terhadap Ciri-ciri Peranan Jenis Kelamin

Teori skema jenis kelamin adalah sebuah pendekatan informasi dalam tiap tipe jenis kelamin yang dikombinasikan dengan pembelajaran sosial dan dari segi perkembangan kognitif. Hal ini juga digabungkan dengan bermacam-macam elemen dari Tipe Jenis Kelamin dan Proses Stereotip, ciri-ciri peranan jenis kelamin, dan pengambilan peranan jenis kelamin menjadi satu kesatuan gambar yang menyatu tentang bagaimana orientasi laki-laki maupun perempuan, dan seberapa sering diperbaiki (Bem,1981,1983; Martin & Halverson, 1981, 1987).

Sesuai dengan teori skema jenis kelamin, pada usia muda, anak-anak akan merespon instruksi dari yang lain, mengenali pilihan dan perilaku menurut tipe jenis kelamin, atau kategorinya baik laki-laki maupun perempuan, yang mereka gunakan untuk menafsirkan dunia. Segera setelah anak-anak mengetahui tipe jenis kelaminnya sendiri, mereka mulai memilih skema jenis kelamin yang cocok dengannya, lalu menambahkan kategori-kategori itu pada diri mereka sendiri. Sebagai hasilnya, persepsi diri terhadap tipe jenis kelamin disajikan dalam skema jenis kelamin tambahan yang anak-anak gunakan untuk memproses informasi dan menuntun tingkah laku mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar